Sabtu, 18 April 2015

Mengenal Penyakit Typus, Gejala, Pencegahan, dan Pengobatannya

Bila Anda atau anggota keluarga Anda merasakan demam lebih dari seminggu, diikuti nafsu makan yang menurun, kemudian merasakan nyeri pada seluruh tubuh, perut mual, lemas, pusing, hingga tak sadarkan diri, waspadalah! Segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi Anda atau anggota keluarga Anda tersebut terserang typus.

Typus (thypus abdominalis) adalah penyakit peradangan pada usus yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typii yang masuk melalui makanan dan minuman, lalu berkembang biak atau memperbanyak diri dalam usus halus. Kuman typhoid akan masuk ke dalam usus halus lalu ke pembuluh darah hanya dalam waktu 24-72 jam. Lalu, di dalam pembuluh darah, kuman typhoid dibawa oleh sel darah putih menuju hati dan limpa, akibatnya terjadi pembengkakan yang disertai rasa nyeri saat diraba. Bengkak ini akan menekan lambung sehingga memicu rasa mual. Itulah sebabnya, saat seseorang terkena typus biasanya selalu merasakan mual. Saat bakteri Salmonella typii dan endotoksinnya merangsang sintesis dan pelepasan zat pirogen, maka penderita typus juga akan merasakan demam yang hebat.

Selanjutnya, kuman akan memasuki kantung empedu, lalu jaringan getah bening usus, dan berkembang biak semakin banyak, sehingga menembus dinding usus dan bercampur dengan kotoran. Bila penderita typus buang kotoran dan mengkontaminasi air, maka air pun dapat menjadi media berkembang biak kuman Salmonella typii.

Jangan anggap remeh penyakit typus ini, karena angka kematian yang disebabkannya di dunia mencapai 500.000-600.000 jiwa per tahun. Untuk Indonesia, angka kematian akibat typus ini mencapai 350-810 orang dari  100.000 penderitanya. Siapapun sangat berisiko terserang typus, karena bakteri Salmonella typii sangat mungkin masuk melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Saat bakteri Salmonella typii di dalam kantong empedu, dia dapat bertahan berbulan-bulan, bahkan sampai bertahun-tahun. Bila daya tahan tubuh menurun, bakteri ini akan langsung bereaksi. Apalagi bagi orang yang baru dinyatakan sehat, tidak berarti dia terbebas sepenuhnya. Karena sedikit saja sistem pertahanan tubuhnya menurun, peluang bakteri Salmonella typii menginfeksi usus halus dan aliran darah kembali terbuka.

Bila tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, typus dapat menyebabkan komplikasi penyakit seperti: pendarahan usus karena perforasi (pembentukan lubang), infeksi kantong empedu (kolesistitis), hepatitis, bahkan gangguan otak (ensefalopati). Nah, begitu berbahaya penyakit typus ini, bukan? Oleh karena itu cegahlah penyakit ini menyerang Anda dengan cara:
  1. Selalu mengkonsumsi makanan yang benar-benar matang (bukan setengah matang) serta terjamin kebersihannya.
  2. Menjaga kebersihan lingkungan terutama tempat-tempat yang memungkinkan bakteri Salmonella Typii hidup dan berkembang biak
  3. Senantiasa meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen yang aman bagi tubuh seperti herbal SHAD NIGELLA PLUS dan atau SHAD IMUN

Bagi Anda yang saat ini sedang diuji dengan penyakit typus, Anda dapat melakukan hal-hal yang dapat mempercepat penyembuhan seperti:

  1. Memperbanyak konsumsi makanan yang mudah dicerna dan berprotein tinggi, seperti susu, daging, telur, tahu, tempe dan lain-lain 
  2. Memperbanyak istirahat di tempat tidur untuk menghindari naiknya suhu badan dan risiko usus pecah 
  3. Menghindari makanan yang berserat tinggi, seperti sayuran atau buah-buahan untuk menghindari risiko iritasi pada lambung dan usus halus 
  4. Menghindari makanan yang berisiko menimbulkan kontraksi pada pencernaan, seperti makanan asam dan pedas 
  5. Mengkonsumsi suplemen yang dapat mempercepat penyembuhan serta aman bagi pencernaan, seperti ANTYPUS

ANTYPUS adalah produk minuman kesehatan yang dikombinasi secara ideal menggunakan beberapa herbal pilihan madu (honey), ekstrak kunyit (Curcuma domestica rhizoma), ekstrak temulawak (Curcuma Xantoriza rhizoma), ekstrak Nigella sativa (habbatusauda), dan ekstrak daun sambiloto (Andrografis feniculata), sehingga efektif membantu penyembuhan penyakit typus, demam, nyeri, flu, dan membantu menjaga stamina tubuh. Dengan mengkonsumsi ANTYPUS secara teratur sesuai dosis yang dianjurkan, insya Allah dapat mempercepat penyembuhan sakit typus dan tubuh Anda akan segera pulih sebagaimana biasa. (Harmonis Santara).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar